MTS NW 2 NEWS

Guru Madrasah Kekinian

Mengabdi dengan Ilmu mendidik dengan Hati.

Profesionalisme Guru

Profesionalisme Guru Pilar Peradaban Maju.

Memprogramkan keterampilan untuk bekal hidup Siswa

Melihat dari potendi SDM dan minat siswa madrasah memprogramkan keterampilan Menjahit.

MTS NW 2 Kembang Kerang adalah Madrasah Plus

Madrasah Plus adalah madrasah yang mensisipi keterampilan dalam pembelajaran.

Komite MTs NW 2 Kembang Kerang

Ketua Komite : H. Fathul Arifin, Sekretaris Komite : Saupian Ansori.

Study Tour dan Pelantikan Pengurus ALumni

Untuk memberikan pengalaman belajar di laur, madrasah memprogram Study Tour.

Penerapan Anti Korupsi di MTs NW 2 Kembang Kerang

Pengenalan dan Penerapan Nilai Nilai Anti Korupsi sudah sejak lama di terpkan di madrasah.

Minggu, 21 Januari 2024

Bioteknologi

Pengertian bioteknologi

Asslamualikum Warhamatullahi Wabrokatuh, halo adek adek siswa kelas IX MTs NW 2 Kembang Kerang kita kan membahas tentang Bioteknologi, kita mulai dari pengertianya iya. Bioteknologi adalah penggunaan makhluk hidup dan proses di dalamnya untuk menghasilkan produk tertentu. Dalam bioteknologi memanfaatkan bakteri, ragi, kapang, alga, sel tumbuhan atau jaringan. Penerapan bioteknologi memadukan berbagai disiplin ilmu seperti mikrobiologi, biokimia, genetika, biologi molekuler, kimia, rekayasa proses dan teknik kimia.

 

B.  Macam Bioteknologi

Bioteknologi dibedakan menjadi 2 yaitu :

1.   Bioteknologi konvensional

2.   Bioteknologi modern

 

1. Bioteknologi konvensional

Ciri khas bioteknologi konvensional atau tradisional adalah penggunaan mikroorganisme secara langsung dan dilakukan dengan sederhana, prosesnya disebut fermentasi.

 

Bioteknologi konvensional memiliki beberapa karakteristik antara lain sebagai berikut :

1.   Jumlah produk yang dihasilkan dalam jumlah sedikit

2.   Hanya menerapkan teknologi sederhana

3.   Prosesnya relative belum steril sehingga kualitas hasilnya belum terjamin

 

Keuntungan adanya fermentasi, antara lain :

1.   Menimbulkan aroma dan rasa baru

2.   Menambah nilai gizi pada hasilnya

3.   Dapat mengubah warna

 

Proses fermentasi dibagi menjadi dua yaitu :

1.   Fermentasi yang menghasilkan alkohol, contohnya adalah keju swiss, tapai, minuman keras.

2.   Fermentasi yang tidak menghasilkan alkohol, tetapi membentuk zat organik lain.

 

Beberapa contoh produk bioteknologi konvensional :

 

No

Produk

Bahan Makanan

Mikroorganisme

1.

Tempe

Kedelai

Rhizopus oryzae

2.

Kecap

Kedelai

Aspergillus wentii

3.

Keju

Susu

Penicillium camemberti

4.

Yoghurt

Susu

Lactobacillus bulgaricus

5.

Roti

Gandum

Saccharomyces cereviceae

6.

Nata de coco

Air Kelapa

Acetobacter xylinum

7.

Tape

Singkong

Saccharomyces cereviceae

8.

Brem padat

Beras Ketan

Saccharomyces cereviceae

9.

Oncom

Kacang Tanah

Neurospora crassa

10.

Minuman anggur

Buah Anggur

Saccharomyces ellipsoideus

 

Penerapan bioteknologi di bidang pertanian :

a.    Hidroponik

Hidroponik adalah pengerjaan air atau bekerja dengan air. Media tanam yang digunakan genting,  kerikil (media porus), pasir (media pasir), air (media kultur air) dan lain-lain yang disiram dengan larutan berisi nutrient yang diperlukan tanaman. Keuntungan dari hidroponik:

1.   tanaman dapat dibudidayakan di segala tempat

2.   resiko tanaman rusak karena banjir, kurang air, erosi tidak ada

3.   tidak perlu lahan yang luas

4.   pertumbuhan tanaman lebih cepat

5.   hasilnya berkualitas dan berkuantitas tinggi

6.   hemat biaya perawatan

 

b.   Aeroponik

Aeroponik adalah pemberdayaan udara. Sebenarnya aeroponik merupakan tipe hidroponik(memberdayakan air), karena air yang berisi larutan unsur hara disemburkan dalam bentuk kabut hingga mengenai akar tanaman. Akar tanaman yang ditanam menggantung dan akan nenyerap larutan hara tersebut. Sehingga aeroponik dapat dikatakan  tanaman dibiarkan menggantung dan dijaga kelembabanya.

 

2. Bioteknologi modern

Penggunaan mikroorganisme tidak langsung seperti bioteknologi konvensional, tetapi menggunakan mikroorganisme yang direkayasa, sehingga menjadi lebih efektif dan efisien. Bioteknologi modern memanfaatkan organisme dalam tingkat seluler atau molekuler , misalnya dalam teknologi reproduksi dan rekayasa genetika.

 

Rekayasa genetika

Rekayasa genetika merupakan suatu cara memanipulasikan gen untuk menghasilkan makhluk hidup baru dengan sifat yang sesuai dengan keinginan. Rekayasa genetika disebut juga pencangkokan gen atau rekombinasi DNA. Di bidang pertanian sering mendengar tanaman transgenik adalah tanaman hasil rekayasa genetika sering disebut juga dengan istilah GMO (Genetically Modified Organism), misalnya jagung, tomat,dll.

 

Peranan/ manfaat bioteknologi

a) Di bidang kedokteran :

1.      Antibody monoklonal 

antibody yang diperoleh dari suatu sumber tunggal. Manfaat antibody monoklonal antara lain mendeteksi kandungan hormone korionik gonadotropin dalam urine wanita hamil, mengikat racun dan menonaktifkannya, mencegah penolakan tubuh terhadap hasil transplantasi jaringan lain.

2.      Pembuatan vaksin

vaksin digunakan untuk mencegah serangan penyakit terhadap tubuh yang berasal dari mikroorganisme. Vaksin berasal dari virus dan bakteri yang telah dilemahkan atau racunnya diambil.

 

            Contoh   vaksin       

            Vaksin BCG untuk mencegah penyakit TBC

            Vaksin kotipa untuk mencegah penyakit kolera, tifus, paratifus

            Vaksin varisela untuk mencegah penyakit cacar air

            Vaksin MMR untuk mencegah penyakit campak, gondong, rubella

            DPT/DT untuk mencegah penyakit difteri, pertusis, tetanus

 

3.      Pembuatan antibiotik 

Antibiotik adalah zat yang dihasilkan oleh organism tertentu dan   berfungsi untuk menghambat             pertumbuhan organism lain yang ada di sekitarnya. Antibiotic dapat diperoleh dari jamur atau                 bakteri tertentu.

 

Contoh  antibiotik  

 

No.

Antibiotik

Mikroorganisme

1.

Streptomycin

Streptomycetes griseus

2.

Polymyxin

Bacillus polymyxa

3.

Pinisilin

Pinicilium notatum

4.

Griseofulvin

Pinicilium griseofulvum

5.

Sefalosporin

Cepalosporium acremonium

 

 

 

4.      Pembuatan hormon

dengan rekayasa DNA telah digunakan mikroorganisme tertentu untuk memproduksi hormone, seperti hormone insulin, testosterone, pertumbuhan, kortison.

 

b) Bidang pertanian :

1.   Dihasilkan tumbuhan yang mampu mengikat nitrogen : tanaman selain Leguminoceae dapat         mengikat nitrogen karena diinjeksi dengan bakteri rhizobium yang hidup pada akar tanaman         Leguminoceae

2.   Dihasilkan tumbuhan tahan hama : misalnya tembakau tahan penyakit mozaik daun

3.   Penghasil PST ( Protein Sel Tunggal )   :

No

Mikroorganisme

Kegunaan

1.

Methylophillus methylotrophus

Makanan ternak agar menghasilkan

 daging dan susu yang berkualitas

2.

Spirulina

Sumber pangan kaya protein

 bagi manusia

3.

Chlorella

Sumber pangan kaya protein

 bagi manusia

4.

Fusarium

Makanan tambahan ternak

5.

Saccharomyces cereviceae

Suplemen makanan ternak

6.

Candida utilis

Suplemen makanan ternak

 

 

c) Bidang lingkungan hidup

1.      Dihasilkan mikroorganisme yang digunakan untuk mengatasi pencemaran yang disebabkan oleh tumpahan minyak, yaitu Xanthomonas campestris dan Pseudomonas

2.      Memproduksi plastik yang dapat diuraikan oleh bakteri

3.      Mengolah limbah cair menjadi bahan bakar , misalnya limbah dari organik dengan bantuan     mikroorganisme diubah menjadi bahan bakar alternative, yaitu biogas (dari feses hewan),     gasahol (alkohol dari fermentasi gula tebu)

 

C.  Manfaat Bioteknologi

Secara umum bioteknologi dikembangkan untuk kesejahteraan umat manusia. Meningkatnya populasi manusia dan menipisnya Sumber Daya Alam yang ada membuat manusia mau tidak mau harus menciptakan sesuatu yang baru yang dapat dengan cepat diperoleh dengan meminimalisir dampak negatif yang mungkin timbul. Pemanfaatan Bioteknologi bagi kehidupan manusia dintaranya digunakan dalam bidang:

1.   Pertanian

2.   Kesehatan

3.   Lingkungan

 

1.   Manfaat Bioteknologi Di Bidang Pertanian

Di bidang pertanian, bioteknologi diantaranya berperan dalam:

a.    Pembentukan tumbuhan tahan hama

b.   Pembuatan tumbuhan yang mampu menambat nitrogen

c.    Mengendalikan serangga perusak tanaman budidaya

d.   Pembiakan tanaman unggul tahan hama

e.    Mengatasi produksi bibit yang sama dalam jangka waktu singkat

f.     Mengatasi terbatasnya lahan pertanian

 

2.   Manfaat Bioteknologi Di Bidang Kesehatan

Dalam bidang kesehatan, baik bioteknologi konvensional maupun bioteknologi modern memiliki peranan yang sangat besar. Melalui bioteknologi, berbagai produk obat-obatan, vaksin, antibodi dan hormon ditemukan, misalnya penicilin dan hormon insulin. Beberapa penyakit menurun atau kelainan genetik dapat disembuhkan dengan cara menyisipkan gen yang kurang pada penderita, cara ini dikenal dengan istilah terapi gen.

 

3.      Manfaat Bioteknologi Di Bidang Lingkungan

Pencemaran lingkungan merupakan salah satu isu global yang marak dibicarakan saat ini. Tingginya tingkat pencemaran akan berdampak serius terhadap kelangsungan hidup umat manusia. Di bidang lingkungan, bioteknologi diantaranya berperan dalam   :

a.    Menghasilkan energi berupa bahan bakar yang ramah lingkungan, misalnya   etanol dan biogas (gas metana)

b.   Pengolahan berbagai macam limbah, misalnya limbah industri, limbah plastik dan pencemaran air yang disebabkan oleh minyak melalui bioremediasi

 

D.  Dampak Penerapan Bioteknologi

Pada awalnya bioteknologi diharapkan dapat membantu memecahkan berbagai persoalan yang dihadapi oleh umat manusia, seperti kekurangan pangan, penyakit, hambatan-hambatan dalam melakukan aktivitas manusia seperti pertambangan dan lain sebagainya. Banyak masalah-masalah umat manusia dapat diatasi melalui bioteknologi, namun perlu disadari bahwa dampaknya juga tidak sedikit. Dampak penerapan bioteknologi terdapat pada berbagai aspek kehidupan, yaitu di bidang       :

1.   Sosial Ekonomi

2.   Etika/Moral

3.   Kesehatan

4.   Lingkungan Hidup

 

1.   Dampak Penerapan Bioteknologi Bidang Sosial Ekonomi

Dampak sosial ekonomi yang terjadi antara lain            :

a.    Hak paten hasil rekayasa, swastanisasi dan konsentrasi bioteknologi pada kelompok tertentu membuat petani tradisional tidak dapat mengadakan bibit sendiri dan para peneliti harus mendapatkan ijin terlebih dahulu sebelum melakukan penelitian menggunakan bibit-bibit hasil rekayasa tersebut.

b.   Merugikan petani kecil dan menimbulkan kesenjangan ekonomi karena produk bioteknologi yang pada umumnya dimiliki oleh pemilik modal dapat meningkatkan produksi hingga 50 %.

c.    Produk bioteknologi hasil modifikasi genetika suatu organisme dapat menyingkirkan plasma nutfah, yaitu suatu jenis makhluk hidup yang masih memiliki sifat asli.

 

2.   Dampak Penerapan Bioteknologi Bidang Etika / Moral

Contoh penerapan bioteknologi yang bertentangan dengan etika dan moral diantaranya adalah      :

a.    Menyisipkan gen makhluk hidup kepada makhluk hidup lain yang tidak berkerabat dianggap sebagai pelanggaran terhadap hukum alam dan sulit diterima masyarakat

b.   Penyisipan gen babi ke dalam buah semangka dapat membawa konsekuensi bagi penganut agama tertentu.

c.    Pemberian hak paten atas organisme transgenik bertentangan dengan banyak nilai-nilai budaya yang menghargai nilai intrinsik makhluk hidup karena pemberian hak paten pada organisme hasil rekayasa menyebabkan pemberian hak pribadi atas organisme yang bisa disalahgunakan.

d.   Kloning manusia saat ini masih dipertentangkan dan dianggap merusak nilai etika dan moral karena merusak embrio/janin manusia untuk alasan apapun dianggap tidak manusiawi

 

3.   Dampak Penerapan Bioteknologi Bidang Kesehatan

Produk rekayasa bidang kesehatan telah menimbulkan masalah yang serius. Contohnya adalah   :

a.    Penggunaan insulin hasil rekayasa telah menyebabkan 31 orang meninggal di Inggris.

b.   Tomat Flavr Savr hasil rekayasa diketahui mengandung gen yang resisten terhadap antibiotik.

c.    Susu sapi yang disuntik hormon BGH (bovine growth hormone) atau hormon pertumbuhan sapi, disinyalir mengandung bahan kimia baru yang punya potensi berbahaya bagi kesehatan manusia..

d.   Jagung yang direkayasa sebagai pakan unggas menjadikan unggas tersebut mengandung genetic modified organism (GMO) yang dikhawatirkan membahayakan manusia.

e.    Ada dugaan bahwa SARS yang menghebohkan dunia, diduga disebabkan oleh rekayasa genetika virus Corona.

 

4.   Dampak Penerapan Bioteknologi Bidang Lingkungan Hidup

Penerapan bioteknologi di bidang lingkungan hidup dapat mengakibatkan:

a.    Pencemaran biologi, karena apabila makhluk hidup transgenik lepas ke alam bebas dan kawin dengan makhluk normal dapat menghasilkan keturunan yang mutan.

 

b.   Penyalahgunaan hak pribadi, karena dengan rekayasa genetika perubahan genotip tidak dirancang secara alami sesuai dengan kebutuhan, melainkan menurut kebutuhan pelaku bioteknologi itu sendiri. Hal ini dapat menimbulkan peluang bahaya bagi kelestarian lingkungan hidup.

Sabtu, 30 Desember 2023

Laporan Realisasi BOS Tahap 2 Tahun 2023 pada eRKM

Berikut Laporan BOS Tahap2 Tahun 2023 LINK COVER PERANGKAT

Selasa, 14 November 2023

Pelaksanaan P5P2RA di MTs NW 2 kembang Kerang

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin atau dikenal dengan istilah P5P2RA adalah pembelajaran lintas disiplin ilmu dalam mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitar untuk menguatkan berbagai kompetensi dalam Profil Pelajar Pancasila dan Profil Rahmatan Lil Alamin

Profil Pelajar Pancasila sendiri dirumuskan dengan enam dimensi kunci yakni (1) Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia; (2) Berkebinekaan global; (3) bergotong royong; (4) mandiri; (5) bernalar kritis; (6) kreatif. Perwujudan dari keenam dimensi tersebut dalam Kurikulum Merdeka disebut projek penguatan Profil Pelajar Pancasila.  Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan upaya untuk mendorong tercapainya Profil Pelajar Pancasila dengan menggunakan paradigma baru melalui pembelajaran berbasis projek. sedang dimensi Profil Rahmatan Lil Alamin adalah 1).Berkeadaban (ta’addub), 2). Keteladanan (qudwah), 3).Kewarganegaraan dan kebangsaan (muwaṭanah), 4).Mengambil jalan tengah (tawassuṭ), 5).Berimbang (tawāzun), 6).Lurus dan tegas (I’tidāl) 7). Kesetaraan (musāwah) 8). Musyawarah (syūra), 9). Toleransi (tasāmuh), 10). Dinamis dan inovatif (tathawwur wa ibtikâr).

Melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (P5P2RA), Peserta didik dikenalkan dengan beragam tema dan isu yang ada di sekeliling mereka. Projek penguatan Profil Pelajar Pancasila diharapkan dapat memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk “mengalami pengetahuan” sebagai proses penguatan karakter, sekaligus kesempatan untuk belajar dari lingkungan sekitarnya.

 
Kegiatan P5P2RA di MTs NW 2 Kemban Kerang untuk pertama kalinya telah dilaksanakan selama 5 pekan, yaitu pada minggu ke-1 dan ke-4 di bulan Oktober 2023 dan minggu ke-1 bulan November 2023. Tema yang diusung yaitu Gaya Hidup Berkelanjutan dengan topik “Sampahku Tanggung Jawabku”.

Melihat kondisi saat ini,  sampah menjadi salah satu sumber terbesar terjadinya pencemaran lingkungan di sekolah, dan kurangnya kesadaran warga sekolah dalam mengelola dan membuang sampah pada tempatnya sehingga mengakibatkan lingkungan sekolah menjadi kumuh dan kotor. Oleh karena itu sekolah sebagai salah satu tempat di mana peserta didik mendapatkan edukasi mengenai permasalahan ini.

Pemilihan tema gaya hidup berkelanjutan bertujuan untuk membangun kesadaran peserta didik agar dapat bersikap dan berperilaku ramah lingkungan, mempelajari potensi krisis keberlanjutan yang terjadi di lingkungan sekolah dan sekitarnya serta mengembangkan kesiapan untuk menghadapi dan memitigasinya.  

Alur pelaksanaan kegiatan P5P2RA MTs NW 2 Kembang Kerang :

1.    Pengenalan

Pada tahap diawali dengan acara pembukaan dan pengenalan P5P2RA serta tema dari proyek yang akan di laksanakan, hal ini dilakukan untuk mengenali dan membangun kesadaran peserta didik terhadap isu Gaya Hidup Berkelanjutan, Sampahku tanggungjawabku. Peserta didik diberikan pengetahuan tentang bahaya sampah dan kondisi sampah di Indonesia dan dunia melalui tayangan video dan  teks bacaan. Dilanjutkan dengan pembagian kelompok yang beranggotakan 5 atau 6 orang. Masing-masing kelompok membuat simpulan dalam bentuk peta pikiran mengenai materi pada teks bacaan dan tayangan video.

 




 

2.     Kontekstual

Yaitu mengenali dan membangun kesadaran peserta didik dengan mengelompokkan sampah berdasarkan jenisnya. Pada  tahap ini peserta didik diajak untuk melakukan observasi di lingkungnan sekolah dimulai dari ruang kelas sampai tempat penampungan sampah. Setelah selesai observasi, peserta didik mengerjakan LKPD dan mempresentasikan hasil pengamatan dan observasinya, kelompok lain menanggapi dengan diskusi yang menarik. Selain itu juga pada taap ini peserta didik di ajak berkunjung ke salah satu lembaga Tim pengolahan sampah (TPS-3R) yang berada di desa Anjani.

 




3.   Aksi

Peserta didik melakukan observasi kembali untuk mencari penyebab timbulnya sampah yang ada di lingkungan sekolah, dan mengelompokan sampah sesuai dengan jenisnya. Selanjutnya, peserta didik diminta untuk menuangkan ide dan gagasannya terkait penanggulangan dan pengelolaan sampah, membuat poster, yel-yel, cerita pendek, membuat bahan kerajinan dari sampah yang ada di sekolah, dan lain-lain. Setelah selesai peserta didik membacakan hasil ide di depan kelas, dan peserta didik lain memberikan masukan serta tanggapan.




4.   Refleksi

Peserta didik membuat Inisiatif dan berkontribusi terhadap isu Gaya Hidup Berkelanjutan, Sampahku tanggungjawabku. Dengan bimbingan guru peserta didik menyusun agenda kegiatan dalam penanggulangan sampah, menjelaskan tantangan yang ditemukan di lapangan dalam upaya penanggulan masalah sampah di sekolah, serta membuat diagram dari aktivitas yang dilakukan.

5.    Tindak lanjut

Peserta didik menggali ide dan solusi lain terhadap isu gaya hidup berkelanjutan, sampahku tanggungjawabku, dan berkomitmen untuk penanggulangan masalah sampah di sekolah.

 


Pada akhir kegiatan P5P2RA, diadakan pameran hasil karya dan lomba senam kreasi P5 yang diikuti oleh seluruh siswa kelas 7 Fase D MTs NW 2 Kembang Kerang. Dalam kegiatan ini setiap kelompok menyiapkan stand untuk memajang hasil karyanya di depan kelas. Saat pameran berlangsung, setiap kelompok saling mengunjungi stand kelompok lain. Kepala sekolah dan guru berkeliling mengunjungi setiap stand dan memberikan apresiasi untuk setiap hasil karya siswa.

Dengan kegiatan P5P2RA, sekolah diharapkan mampu melatih peserta didik untuk melakukan inovasi dalam pengelolaan sampah secara efisien, menumbuhkan kesadaran untuk mengurangi sampah, membuang sampah pada tempatnya, menumbuhkan budaya hidup bersih dan sehat, menciptakan produk yang memiliki nilai estetik dan berdaya guna, serta menciptakan lingkungan sekolah yang bersih dan bebas dari sampah. Kegiatan-kegiatan positif selama pelaksanaan P5P2RA diharapkan dapat menjadi karakter peserta didik dalam kehidupan sehari-hari baik di rumah, di sekolah, dan lingkungan masyarakatnya.

Berikut Alur Proyek P5P2RA MTs NW 2 Kembang kerang.




Senin, 24 Juli 2023

Perangat Pembelajaran IPA Kurikulum Merdeka

Perangkat Pembelajaran Ilmu Pengetauna Ala (IPA) Fase D Semester Ganjil dan Genab IX
INFO

Silahkan di download, semoga bermanfaat untuk kita semua

No. Perangkat Pembelajaran Download
1. CP IPA Fase D Download
2. ATP IPA Fase D Download
3. Modul Ajar IPA Fase D Download

Sabtu, 08 Juli 2023

Siswa MTs NW 2 Kembang Kerang Ikut KSM 2023

Kementerian Agama melalui Direktorat Kurikulum, Sarana Prasarana, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah menggelar Kompetisi Sains Madrasah secara online (KSM) Online. Kegiatan KSM 2023 untuk tingkat madrasah MTs dilaksanakan pada Hari Minggu (09/07/2023).

Siswa MTs NW 2 Kembang kerang tidak ketinggalan untuk mengikuti kegiatan KSM Online tersebut. Kegiatan dilaksanakan di MA Mu'alimat NWDI Pancor. Dalam kegiatan tersebut mereka didampingi Guru-guru dan Kepala Madrasah. Kegiatan dibagi menjadi 3 sesi. Kegiatan berjalan dengan baik dan lancar.

Koordinator KIR sekaligus Kordinator kegiatan KSM MTs NW 2 Kembang Kerang, Marzuki Gafur, S.PdI, mengatakan MTs NW 2 Kembang Kerang mengikutsertakan siswa dalam semua mata pelajaran yang dikompetisikan, seluruhnya terdiri dari 3 Mapel yakni : IPA, IPS dan Matematika

Marzuki Gafur berharap para siswanya memperoleh hasil yang terbaik dalam KSM tersebut. Menurutnya para siswa telah mempersiapkan dengan maksimal dengan mengikuti Bimbingan KSM dan latihan soal- soal bersama guru pembimbing masing- masing.

Hal senada juga diungkapkan Kepala MTS NW 2 Kembang Kerang Jamaluddin, QH, M.Pd, yang turut hadir dalam acara pembukaan kegiatan. Ia berharap Kegiatan ini menjadi semangat untuk siswa MTS NW 2 Kembang Kerang yang lain, kalau masalah juara, itu nomor 2, tapi kami akan besyukur jika mendapat juara.

Rabu, 05 Juli 2023

Simulasi KSM Tahun 2023 MTs NW 2 Kembang Kerang

 


Kompetisi Sains Madrasah (KSM) adalah sebuah ajang berkompetisi dalam bidang sains yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia.

Kompetisi Sains Madrasah diselenggarakan mulai dari tahun 2012 hingga tahun 2017 dilakukan secara konvensional dan pelaksanaan Kompetisi Sains Madrasah berbasis teknologi dimulai sejak tahun 2018 sampai dengan sekarang.

Proses pendaftaran dan seleksi administrasi hingga pelaksanaan tes memanfaatkan Teknologi Informasi guna meningkatkan akuntabilitas dan transparansi dalam pelaksanaan kompetisi.

Kompetisi Sains Madrasah Online 2023 hanya dibuka untuk Satuan Pendidikan dibawah naungan Kementerian Agama RI yaitu madrasah mulai dari Madrasah Ibtidayah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA). Peserta selain dari Madrasah yang melakukan pendaftaran Kompetisi akan didiskualifikasi oleh Panitia .

Sesui dengan jadwal KSM tahun 2023, bahwa pelaksanaan simulasi dilakukan dari tanggal 5 sampai dengan tanggal 8 Juli 2023, berikut dokumentasi simulasi KSM sevara online di MTS NW 2 Kembang Kerang :