DOKUMEN SEKOLAH/MADRASAH YANG PERLU
DISIAPKAN UNTUK DI UNGGAH
DI APLIKASI SisPenA (Sistem Penilaian Akreditasi)
1. Tata
tertib dan penegakannya yang mencakup hak, kewajiban, penghargaan, dan sanksi
(antara lain sistem poin);
2. Jadwal
kegiatan keagamaan
3. Bukti
dan/atau laporan kegiatan ekstrakurikuler dalam bentuk: foto/video kegiatan,
undangan kegiatan, sertifikat keikutsertaan
4. Bukti
dan/atau laporan kegiatan OSIS dalam bentuk: foto/video kegiatan, undangan
kegiatan, sertifikat keikutsertaan
5. Bukti
dan/atau laporan kegiatan dengan pihak luar dalam bentuk: foto/video kegiatan,
undangan kegiatan, sertifikat keikutsertaan
6. Laporan
prestasi siswa
7. Bukti
keikutsertaan dalam kegiatan lomba yang terkait dengan minat dan bakat
8. Data
nilai ujian sekolah/madrasah dalam 3 (tiga) tahun terakhir.
9. Laporan
hasil tracer study tentang kepuasan pemangku kepentingan.
10. Rencana Pembelajaran Pembelajaran
(RPP):
ü Jenjang SD: tematik tahun berjalan
(diwakili oleh kelas 1, 4 dan 6)
11. Kisi-kisi
soal dan instrumen penilaian (formatif dan sumatif) (SD: 4, 5, 6. SMP & SMA
mapel sama dengan RPP)
12. Analisis
Pencapaian Kompetensi (tahun berjalan, sampel dari mata pelajaran Matematika,
Bahasa Indonesia, dan PPKn) (sampel SD kelas 1, 4, 6. SMP dan SMA semua
tingkat)
13. Jadwal
remidial dan pengayaan
14. Dokumen
Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) (1 tahun)
15. Dokumen
Rencana Kerja Sekolah (RKS) 4 tahun
16. Daftar
penggunaan sarana dan prasarana sebagai media dan sumber belajar
17. Laporan
evaluasi dan refleksi diri (sampel laporan evaluasi diri dari 3 orang guru
dengan mapel berbeda)
18. Laporan
umpan balik dari siswa (3 orang guru dengan mapel berbeda)
19. Laporan
umpan balik dari teman sejawat (3 orang guru dengan mapel berbeda)
20. Bukti
daftar hadir/foto/bahan paparan kegiatan diseminasi hasil evaluasi dan refleksi
21. Laporan
kegiatan pengembangan profesi guru: undangan, surat tugas, daftar hadir, materi
paparan, foto kegiatan, laporan kegiatan.
22. Dokumen
kegiatan diseminasi hasil pengembangan profesi guru: makalah, video,
buku, karya ilmiah, jurnal, paparan (PPT), artikel, panduan.
23. Daftar
hadir rapat pengembangan visi misi
24. Foto,
leaflet, pamflet, brosur, video kegiatan sosialisasi visi misi (daftar hadir,
jika ada)
25. 2
laporan kegiatan yang merupakan implementasi visi misi
26. Dokumen
hasil evaluasi tahunan pencapaian visi, misi, tujuan, dan rencana sekolah.
27. Dokumen
rekomendasi dari hasil evaluasi (notulen rapat)
28. Dokumen
visi misi versi sebelumnya dan versi setelah perbaikan berdasarkan rekomendasi
29. Jadwal
supervisi kepala sekolah/wakil kepala sekolah (3 tahun terakhir)
30. Dokumen
hasil observasi kepala sekolah terhadap guru di kelas 3 (tiga) tahun terakhir:
lembar observasi atau catatan lain (kualitatif) (diwakili guru kelas 2, 3, dan
5 SD) (SMP dan SMA mapel IPA [salah satu], IPS [salah satu], matematika, bahasa
inggris, bahasa indonesia, PKn)
31. Daftar
hadir rapat RKS/RKAS dan notulen
32. Laporan
kegiatan pelaksanaan program yang melibatkan warga sekolah dan pemangku
kepentingan, bisa berupa: video dan/atau foto
33. Laporan
kegiatan pelaksanaan program kreatif dan inovatif berupa: video dan/atau foto
hasil karya guru/siswa, karya ilmiah
34. Dokumen
kerja sama sekolah/madrasah dengan orang tua siswa dengan masyarakat sekitar
(notulen rapat, daftar hadir rapat, foto, atau video)
35. Dokumen
pelaksanaan kegiatan kebersihan sekolah/madrasah, misalnya dokumen pembagian
tugas di bidang kebersihan, jadwal kebersihan, dan dokumentasi kegiatan.
36. Notulen
raker/pertemuan penyusunan kurikulum sekolah/madrasah, daftar hadir
37. Dokumen
raker/rapat evaluasi kurikulum yang berisi rekomendasi perbaikan hasil evaluasi
38. Rekap
nilai tahun kedua untuk SMP dan SMA, tahun kelima untuk SD (diwakili oleh mapel
yang mengalami peningkatan, 4 tahun terakhir)
39. Panduan
atau SOP pelaksanaan tugas guru/tenaga kependidikan
40. Jadwal
mengajar guru, penugasan lain yang dibebankan kepada guru dan pembagian tugas
tenaga kependidikan
41. Dokumen
penilaian kinerja guru berupa format penilaian kinerja
42. Hasil
penilaian kinerja guru
43. Dokumen
penilaian kinerja tenaga kependidikan berupa format penilaian kinerja
44. Hasil
penilaian kinerja tenaga kependidikan
45. Bukti
penghargaan/ sanksi, seperti: piagam, sertifikat, foto, video, surat
peringatan, SK, surat teguran, buku/catatan pelanggaran, dsb
46. Panduan/SOP
pengelolaan sarana dan prasarana (data inventaris sarana dan prasarana, mulai
dari perencanaan sampai penghapusan)
47. Dokumen
rapat penyusunan RAPBS, berupa: daftar hadir, notulen rapat
48. RAPBS
49. Laporan
keuangan 1 tahun terakhir
50. Hasil
catatan audit internal atau eksternal 3 tahun terakhir
51. Dokumen
program/kegiatan ekstrakurikuler, berupa: foto dan/atau video, laporan
kegiatan, jadwal kegiatan
52. Surat
tugas pembina dan tim lomba/kompetisi siswa, undangan keikutsertaan, foto,
sertifikat keikutsertaan
53. Sertifikat
prestasi, foto piagam/piala/medali
54. Dokumen
program layanan BK dalam bidang: pengembangan pribadi, sosial, akademik, dan
pendidikan lanjut/karir
55. Dokumen
laporan layanan BK bidang: pengembangan pribadi, sosial, akademik, dan
pendidikan lanjut/karir
56. Dokumen
RKA-S/M tahun sebelumnya
57. Dokumen
evaluasi diri sekolah/madrasah tahun sebelumnya
58. Laporan
hasil karya dan prestasi terkait keterampilan berkomunikasi yang efektif secara
lisan maupun tertulis dalam bentuk: video/medsos siswa.
DOKUMEN
SEKOLAH/MADRASAH YANG PERLU DISIAPKAN UNTUK DI UNGGAH
DI
DATA ISIAN AKREDITASI (DIA)
I |
KOMPONEN MUTU LULUSAN |
|
No |
Dokumen |
Status |
1 |
Siswa menunjukkan perilaku disiplin dalam
berbagai situasi. |
|
1.1 |
Tata tertib dan penegakannya yang
mencakup hak, kewajiban, penghargaan, dan sanksi (antara lain sistem poin) |
Diunggah |
1.2 |
Buku piket yang berisi keterlambatan
siswa dan ketidakhadiran siswa di sekolah/madrasah |
Ditunjukkan ketika visit |
1.3 |
Catatan guru/wali kelas dan tenaga
kependidikan yang memuat kedisiplinan waktu siswa |
Ditunjukkan ketika visit |
1.4 |
Jurnal kelas yang mencantumkan data ketidakhadiran
siswa di kelas dan data mata pelajaran yang diikuti siswa |
Ditunjukkan ketika visit |
2 |
Siswa menunjukkan perilaku religius dengan
pengamalannya dalam aktivitas di sekolah/madrasah. |
|
2.1 |
Catatan guru yang mencakup
partisipasi siswa dan jenis kegiatan ibadah sesuai ajaran agama/kepercayaan
yang dianut & Catatan guru tentang sikap toleran dan kerukunan hidup
antarpemeluk agama/kepercayaan |
Ditunjukkan ketika visit |
2.2 |
Laporan kegiatan pembiasaan perilaku
religius siswa yang mencakup agenda/jadwal dan jenis kegiatan & Laporan
kegiatan peringatan hari besar keagamaan yang mencakup jenis kegiatan dan
partisipasi siswa |
Diunggah |
3 |
Siswa menunjukkan perilaku kerja keras,
tangguh, dan bertanggung jawab dalam aktivitas di sekolah/madrasah. |
|
3.1 |
Portofolio tugas dalam pembelajaran
yang mencakup materi dan nilai yang diperoleh siswa |
Ditunjukkan ketika visit |
3.2 |
Laporan pelaksanaan kegiatan ekstra
kurikuler yang mencakup jenis kegiatan, partisipasi siswa, dan dokumentasi kegiatan |
Ditunjukkan ketika visit |
4 |
Siswa terbebas dari perundungan (bully)
di sekolah/madrasah. |
|
4.1 |
Catatan guru/wali kelas yang mencakup
jenis perundungan yang terjadi, bentuk pembinaan yang diberikan, dan jenis
sanksi yang diberikan |
Ditunjukkan ketika visit |
4.2 |
Laporan kegiatan pencegahan
perundungan yang mencakup agenda, panduan, dan partisipasi siswa |
Ditunjukkan ketika visit |
4.3 |
Media afirmasi dalam bentuk
poster/banner/spanduk/leaflet |
Ditunjukkan ketika visit |
5 |
Siswa menunjukkan keterampilan berkomunikasi
sesuai karakteristik keterampilan abad ke-21. |
|
5.1 |
Portofolio/tugas yang mencakup tugas
melalui media daring, media luring, dan Nilai yang diperoleh siswa |
Ditunjukkan ketika visit |
5.2 |
Laporan hasil karya dan prestasi terkait
keterampilan berkomunikasi yang efektif secara lisan |
Diunggah |
5.3 |
Laporan hasil karya dan prestasi
terkait keterampilan berkomunikasi yang efektif secara tertulis |
Diunggah |
6 |
Siswa menunjukkan keterampilan berkolaborasi
sesuai karakteristik keterampilan abad ke-21. |
|
6.1 |
Catatan penilaian sikap
kolaborasi/kerja sama. |
Ditunjukkan ketika visit |
6.2 |
Laporan kegiatan yang berisi
partisipasi kolaborasi siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler |
Diunggah |
6.3 |
Laporan kegiatan yang berisi
partisipasi kolaborasi siswa dalam kegiatan OSIS |
Diunggah |
6.4 |
Laporan kegiatan bersama di luar
sekolah/madrasah yang mencakup jumlah dan jenis kegiatan serta data
keterlibatan siswa. |
Diunggah |
7 |
Siswa menunjukkan keterampilan berpikir
kritis dan pemecahan masalah sesuai karakteristik abad ke-21. |
|
7.1 |
Portofolio/tugas dalam proses
pembelajaran dan nilai yang diperoleh siswa |
Ditunjukkan ketika visit |
7.2 |
Hasil karya dan prestasi siswa yang
menunjukkan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah secara lisan
maupun tulisan. |
Diunggah |
8 |
Siswa menunjukkan keterampilan kreativitas
dan inovasi sesuai karakteristik keterampilan abad ke-21 |
|
8.1 |
Portofolio tugas pembelajaran yang
mencakup materi tentang pengembangan kreativitas dan inovasi, serta nilai
yang diperoleh siswa. |
Ditunjukkan ketika visit |
8.2 |
Laporan pelaksanaan kegiatan terkait
keterampilan kreatif dan inovatif yang mencakup jenis kegiatan, data
partisipasi siswa, data karya dan prestasi, dan dokumentasi kegiatan ü Laporan prestasi siswa |
Diunggah |
8.3 |
Laporan pelaksanaan kegiatan terkait
keterampilan kreatif dan inovatif yang mencakup jenis kegiatan, data
partisipasi siswa, data karya dan prestasi, dan dokumentasi kegiatan ü Bukti keikutsertaan dalam kegiatan lomba yang terkait
dengan minat dan bakat |
Diunggah |
9 |
Siswa menunjukkan kemampuan mengekspresikan
diri dan berkreasi dalam kegiatan pengembangan minat dan bakat. |
|
9.1 |
Laporan daring/luring tentang
partisipasi siswa dalam kegiatan lomba yang terkait dengan pengembangan minat
dan bakat, serta tautan media sosial ü Bukti keikutsertaan dalam kegiatan lomba yang terkait
dengan minat dan bakat |
Diunggah |
9.2 |
Laporan daring/luring tentang
prestasi/penghargaan dalam kegiatan pengembangan minat dan bakat, serta
tautan media sosial. ü Laporan prestasi siswa |
Diunggah |
10 |
Siswa menunjukkan peningkatan prestasi
belajar. |
|
10.1 |
Data nilai ujian sekolah/madrasah
dalam 3 (tiga) tahun terakhir. |
Diunggah |
10.2 |
Leger nilai kelas akhir dalam 3
(tiga) tahun terakhir |
Ditunjukkan ketika visit |
11 |
Pemangku kepentingan (stakeholders) puas
terhadap mutu lulusan sekolah/madrasah. |
|
11.1 |
Laporan hasil tracer study tentang
kepuasan pemangku kepentingan |
Diunggah |
II |
KOMPONEN PROSES PEMBELAJARAN |
|
No |
Dokumen |
Status |
12 |
Proses pembelajaran berlangsung secara aktif
dengan melibatkan seluruh siswa dan mengembangkan keterampilan berpikir
tingkat tinggi sehingga terjadi proses pembelajaran yang efektif sesuai
dengan tujuan pembelajaran pada satuan Pendidikan. |
|
12.1 |
Rencana Pembelajaran Pembelajaran
(RPP) [Telaah RPP dilakukan ketika asesor melakukan observasi] |
Diunggah |
12.2 |
Lembar Praktikum/Lembar
Praktik/Lembar Kerja Siswa |
Ditunjukkan ketika visit |
13 |
Penilaian proses dan hasil belajar digunakan
sebagai dasar untuk perbaikan dan dilaksanakan secara sistemis. |
|
13.1 |
Rencana pembelajaran (RPP) |
Diunggah |
13.2 |
Kisi-kisi soal dan instrumen
penilaian (formatif dan sumatif) |
Diunggah |
13.3 |
Hasil penilaian (formatif dan
sumatif) |
Ditunjukkan ketika visit |
14 |
Program remedial dan/atau pengayaan diberikan
kepada siswa yang memerlukan. |
|
14.1 |
Catatan/Daftar Penilaian dan Hasil
Analisis Pencapaian Kompetensi |
Diunggah |
14.2 |
Dokumen Program Pelaksanaan Remedial/
Pengayaan |
Diunggah |
15 |
Siswa berpartisipasi aktif dalam belajar dan
suasana pembelajaran di kelas menyenangkan |
Observasi |
16 |
Guru melakukan pembiasaan literasi membaca
dan menulis. |
|
16.1 |
Dokumen program sekolah/madrasah yang
terkait dengan pelaksanaan literasi membaca dan menulis. |
Ditunjukkan ketika visit |
16.2 |
Dokumen publikasi dan lomba karya
Literasi siswa |
Ditunjukkan ketika visit |
17 |
Guru menciptakan suasana belajar yang
memperhatikan keamanan, kenyamanan, kebersihan, dan memudahkan siswa untuk
belajar. |
|
18 |
Sarana dan prasarana yang tersedia di
sekolah/madrasah dimanfaatkan dengan optimal dalam proses pembelajaran. |
|
18.1 |
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) Cermati tentang penggunaan sarana dan prasarana sebagai media dan
sumber belajar] |
Diunggah |
18.2 |
Daftar Inventaris Media/Sumber
belajar |
Diunggah |
III |
KOMPONEN MUTU GURU |
|
No |
Dokumen |
Status |
19 |
Guru menyusun perencanaan pembelajaran aktif,
kreatif, dan inovatif dengan mengoptimalkan lingkungan dan memanfaatkan TIK
atau cara lain yang sesuai dengan konteksnya. |
|
19.1 |
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) Cermati tentang penggunaan sarana dan prasarana sebagai media dan
sumber belajar] |
Diunggah |
20 |
Guru melakukan evaluasi diri, refleksi dan
pengembangan kompetensi untuk perbaikan kinerja secara berkala. |
|
20.1 |
Laporan kegiatan guru dalam evaluasi
dan refleksi diri berdasarkan hasil penilaian siswa, teman sejawat, kepala
sekolah/madrasah, dan hasil rekaman audio/video/CCTV. ü Laporan evaluasi dan refleksi diri (sampel laporan
evaluasi diri dari 3 orang guru dengan mapel berbeda) |
Diunggah |
20.2 |
Laporan kegiatan guru dalam evaluasi
dan refleksi diri berdasarkan hasil penilaian siswa, teman sejawat, kepala
sekolah/madrasah, dan hasil rekaman audio/video/CCTV. ü Laporan umpan balik dari siswa (3 orang guru dengan mapel
berbeda) |
Diunggah |
20.3 |
Laporan kegiatan guru dalam evaluasi
dan refleksi diri berdasarkan hasil penilaian siswa, teman sejawat, kepala
sekolah/madrasah, dan hasil rekaman audio/video/CCTV. ü Laporan umpan balik dari teman sejawat (3 orang guru
dengan mapel berbeda) |
Diunggah |
20.4 |
Dokumen kegiatan diseminasi hasil
evaluasi dan refleksi guru kepada teman sejawat yang difasilitasi oleh
sekolah (seperti: daftar hadir, notulen, foto, atau video) |
Diunggah |
21 |
Guru melakukan pengembangan profesi
berkelanjutan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan wawasan. |
|
21.1 |
Dokumen kegiatan pengembangan profesi
guru ü Laporan kegiatan pengembangan profesi guru: undangan,
surat tugas, daftar hadir, materi paparan, foto kegiatan, laporan kegiatan. |
Diunggah |
21.2 |
Dokumen kegiatan sharing/desiminasi hasil
pengembangan profesi guru ü Dokumen kegiatan diseminasi hasil pengembangan profesi
guru: makalah, video, buku, karya ilmiah, jurnal, paparan (PPT), artikel,
panduan. |
Diunggah |
22 |
Guru mengembangkan strategi, model, metode,
teknik, dan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif. |
|
22.1 |
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) |
Diunggah |
IV |
KOMPONEN
MANAJEMEN SEKOLAH/MADRASAH |
|
No |
Dokumen |
Status |
23 |
Sekolah/madrasah mengembangkan,
menyosialisasikan, mengimplementasikan, dan mengevaluasi visi, misi, dan
tujuan sekolah/madrasah. |
|
23.1 |
Dokumen rapat penyusunan
RKS/RKAS/RAPBS/ Pengembangan sekolah/madrasah |
Diunggah |
23.2 |
Rencana Kerja Sekolah/Madrasah
(RKS/M) 2 (dua) periode |
Diunggah |
23.3 |
Dokumen sosialisasi visi dan misi |
Diunggah |
23.4 |
Laporan kegiatan pelaksanaan program |
Diunggah |
23.5 |
Dokumen hasil evaluasi tahunan
pencapaian visi, misi, tujuan, dan rencana sekolah |
Diunggah |
23.6 |
Dokumen rekomendasi dari hasil evaluasi
(notulen rapat) |
Diunggah |
Dokumen visi misi versi sebelumnya
dan versi setelah perbaikan berdasarkan rekomendasi |
Diunggah |
|
24 |
Kepala sekolah/madrasah menunjukkan
kompetensi supervisi akademik untuk membantu guru mewujudkan pembelajaran
yang bermutu. |
|
24.1 |
Program/rencana pelaksanaan supervisi
dan SK penugasan supervisor. |
|
Dokumen Rencana Kegiatan dan Anggaran
Sekolah (RKAS) (1 tahun) |
Diunggah |
|
Dokumen Rencana Kerja Sekolah (RKS) 4
tahun |
Diunggah |
|
24.2 |
Dokumen hasil supervisi 3 (tiga)
tahun terakhir |
Diunggah |
24.3 |
Dokumen dalam bentuk jadwal
pelaksanaan supervisi sekurang-kurangnya 3 (tiga) terakhir |
Diunggah |
25 |
Kepala sekolah/madrasah secara konsisten,
partisipatif, kolaboratif, transformatif, dan efektif memimpin guru, tenaga
kependidikan, dan siswa untuk mengembangkan ide-ide kreatif dan inovatif
dalam usaha pengembangan kegiatan/program sekolah/madrasah untuk mencapai
visi, misi, dan tujuan yang telah ditetapkan. |
|
25.1 |
Dokumen RKS/RKAS 2 (dua) periode |
Diunggah |
25.2 |
Dokumen rapat penyusunan RKS/RKAS |
Diunggah |
25.3 |
Laporan kegiatan pelaksanaan program ü Laporan kegiatan pelaksanaan program yang melibatkan warga
sekolah dan pemangku kepentingan, bisa berupa: video dan/atau foto |
Diunggah |
25.4 |
Laporan kegiatan pelaksanaan program ü Laporan kegiatan pelaksanaan program kreatif dan inovatif
berupa: video dan/atau foto hasil karya guru/siswa, karya ilmiah |
Diunggah |
26 |
Sekolah/madrasah membangun komunikasi dan interaksi
antara warga sekolah/madrasah (siswa, guru, kepala sekolah/madrasah, tenaga
kependidikan), orang tua, dan masyarakat untuk mewujudkan keharmonisan
internal dan eksternal sekolah/madrasah. Sekolah/madrasah
membangun komunikasi dan interaksi antara warga sekolah/madrasah (siswa,
guru, kepala sekolah/madrasah, tenaga kependidikan), orang tua, dan
masyarakat untuk mewujudkan keharmonisan internal dan eksternal
sekolah/madrasah. |
|
26.1 |
Dokumen kerja sama sekolah/madrasah
dengan orang tua siswa dengan masyarakat sekitar (dokumen rapat, foto, atau
video) |
Diunggah |
27 |
Sekolah/madrasah melakukan pembiasaan; aman,
tertib, bersih, dan nyaman untuk menciptakan lingkungan sekolah/madrasah yang
kondusif. |
|
27.1 |
Dokumen pelaksanaan kegiatan
kebersihan sekolah/madrasah, misalnya dokumen pembagian tugas di bidang
kebersihan, jadwal kebersihan, dan dokumentasi kegiatan |
Diunggah |
28 |
Sekolah/madrasah melibatkan orang tua siswa
dan masyarakat dari berbagai kalangan dalam perencanaan, pelaksanaan program,
dan kegiatan sekolah/madrasah. |
|
28.1 |
Dokumen rapat penyusunan
RKS/RKAS/RAPBS/Pengembangan sekolah/madrasah |
Diunggah |
28.2 |
Laporan kegiatan penyusunan
perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan program sekolah/madrasah |
Diunggah |
29 |
Sekolah/madrasah mengembangkan,
mengimplementasikan dan mengevaluasi pelaksanaan kurikulum secara sistematis,
kreatif, inovatif, dan efektif. |
|
29.1 |
Notula raker/pertemuan penyusunan
kurikulum sekolah/madrasah |
Diunggah |
29.2 |
Program/panduan pembelajaran
sekolah/madrasah |
Diunggah |
29.3 |
Dokumen raker/rapat evaluasi yang
berisi rekomendasi perbaikan hasil evaluasi |
Diunggah |
29.4 |
Renstra atau rencana pengembangan
kurikulum |
Diunggah |
29.5 |
Buku leger atau rekap nilai |
Diunggah |
30 |
Sekolah/madrasah menerapkan pengelolaan guru
dan tenaga kependidikan secara efektif, efisien, dan akuntabel pada kegiatan
rekrutmen, seleksi, penugasan, pengembangan kompetensi, penilaian kinerja,
kompensasi, dan penghargaan/sanksi. |
|
30.1 |
Panduan atau SOP pelaksanaan tugas
guru/tenaga kependidikan |
Diunggah |
30.2 |
Dokumen penugasan guru/tenaga
kependidikan |
Diunggah |
30.3 |
Dokumen penilaian kinerja. Meliputi: |
|
Dokumen penilaian kinerja guru berupa
format penilaian kinerja |
Diunggah |
|
Hasil penilaian kinerja guru |
Diunggah |
|
Dokumen penilaian kinerja tenaga
kependidikan berupa format penilaian kinerja |
Diunggah |
|
Hasil penilaian kinerja tenaga
kependidikan |
Diunggah |
|
30.4 |
Panduan atau SOP pelaksanaan tugas
guru/tenaga kependidikan |
Diunggah |
30.5 |
Bukti penghargaan/sanksi |
Diunggah |
31 |
Sekolah/madrasah melaksanakan pengelolaan
sarana dan prasarana dengan baik untuk mendukung proses pembelajaran yang
berkualitas. |
|
31.1 |
Panduan/ SOP Pengelolaan sarpras |
Diunggah |
32 |
Sekolah/madrasah mengelola anggaran pendapatan
dan belanja secara transparan dan akuntabel sesuai perencanaan. |
|
32.1 |
RAPBS |
|
32.2 |
Dokumen rapat penyusunan
RKS/RKAS/RAPBS/Pengembangan Sekolah/ Madrasah |
|
32.3 |
Laporan kegiatan pelaksanaan dan
pengawasan program sekolah/ madrasah |
|
32.4 |
Dokumen Audit Pelaksanaan
Anggaran/RAPBS |
|
33 |
Sekolah/madrasah menyelenggarakan pembinaan
kegiatan kesiswaan untuk mengembangkan minat dan bakat siswa. |
|
33.1 |
Dokumen program/kegiatan
ekstrakurikuler |
Diunggah |
33.2 |
Surat tugas pembina dan tim lomba/kompetisi |
Diunggah |
33.3 |
Bukti prestasi (Piagam dan/atau
Piala) |
Diunggah |
34 |
Sekolah/madrasah memberikan layanan bimbingan
dan konseling siswa dalam bidang pribadi, sosial, akademik, pendidikan
lanjut, dan karier untuk mendukung pencapaian dan pengembangan prestasi. |
|
34.1 |
Dokumen program layanan BK dalam
bidang: pengembangan pribadi, sosial, akademik, dan pendidikan lanjut/karir |
Diunggah |
34.2 |
Dokumen laporan layanan BK bidang:
pengembangan pribadi, sosial, akademik, dan pendidikan lanjut/karir |
Diunggah |
35 |
Sekolah/madrasah melaksanakan Penjaminan Mutu
Internal Sekolah/Madrasah setiap tahun terkait pencapaian standar nasional
pendidikan, yang meliputi kegiatan: pelaksanaan evaluasi diri
sekolah/madrasah (EDS/M), penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran
Sekolah/Madrasah (RKA-S/M) yang merujuk pada rapor mutu. |
|
35.1 |
Dokumen evaluasi diri
sekolah/madrasah |
Ditunjukkan ketika visit |
35.2 |
Dokumen RKA-S/M dan dokumen EDS/M |
Ditunjukkan ketika visit |
BUTIR
KINERJA KEKHUSUSAN |
||
I |
MUTU
GURU |
|
1 |
Dokumen RPP tematik terpadu |
Diunggah |
PERSIAPAN
GURU
59. Rencana Pembelajaran Pembelajaran (RPP)
lengkap dokumen 1 s/d 3
60. Kisi-kisi
soal dan instrumen penilaian (formatif dan sumatif) (SD: 4, 5, 6. SMP & SMA
mapel sama dengan RPP)
61. Analisis
Pencapaian Kompetensi (tahun berjalan, sampel dari mata pelajaran Matematika,
Bahasa Indonesia, dan PPKn) (sampel SD kelas 1, 4, 6. SMP dan SMA semua
tingkat)
62. Jadwal
remidial dan pengayaan
63. Laporan
umpan balik dari siswa (3 orang guru dengan mapel berbeda)
64. Laporan
umpan balik dari teman sejawat (3 orang guru dengan mapel berbeda)
65. Laporan
kegiatan pengembangan profesi guru: undangan, surat tugas, daftar hadir, materi
paparan, foto kegiatan, laporan kegiatan.
66. Dokumen
kegiatan diseminasi hasil pengembangan profesi guru: makalah, video,
buku, karya ilmiah, jurnal, paparan (PPT), artikel, panduan.
67. Laporan
kegiatan pelaksanaan program kreatif dan inovatif berupa: video dan/atau foto
hasil karya guru/siswa, karya ilmiah
0 komentar:
Posting Komentar