Madrasah sebagai Lembaga Pendidikan Islam harus bisa terintegratif dan berisi serta masuk dalam seluruh relung kehidupan madrasah, Nilai-nilai Islam menjadi sebuah budaya dan bahkan peradaban. Islam mengajarkan tentang hidup santun, menghargai, hormat, kasih dan sayang kepada orang tua, guru, orang yang lebih tua, atau sesama. Menghindardari perbuatan tercela seperti berbohong, tidak jujur, tidak amanah (korupsi). Selalu mendekat pada Allah melalui kegiatan spiritual seperti banyak berdzikir, sholat berjama’ah, membaca al Qur’an dan lain-lain, sehingga nilai-nilai Islam terasakan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, menerapkan nilai Islam secara benar, sebenarnya merupakan Pendidikan Anti Korupsi menjauhkan dari tindakan korupsi. Hal tersebut sesuai firman Allah dan hadist Rosulullah di bawah ini.
Dalam ajaran Islam secara gamblang mengharamkan, bahkan mengutuk perbuatan korupsi, seperti tersirat dalam beberapa ayat Al Quran, diantaranya:
Selanjutnya, dalam beberapa hadis, Rosulullah SAW bersabda:
Berdasar dari firman Allah SWT dan Hadist Rasulullah disatu sisi, dan menyimak pengertian korupsi sisi lain, dengan demikian, korupsi meruPendidikan Anti Korupsian perbuatan penghianatan terhadap amanah dan tanggung-jawab yang diberikan rakyat. Korupsi juga merupakan Pendidikan Anti Korupsi tindakan memakan harta sebagian yang lain dengan jalan bathil, karena korupsi menghabiskan milik negara yang seharusnya digunakan untuk kepentingan rakyat.Korupsi merupakan Pendidikan Anti Korupsi suatu kejahatan yang melanggar hukum Islam. Oleh karena itu, segala bentuk tindak korupsi harus dienyahkan.
Anti korupsi di madrasah dapat diterapkan melalui penanaman nilai kejujuran, kedisiplinan, keterbukaan, tanggung jawab, mengintegrasikan tiga domain, yakni domain pengetahuan (kognitif), sikap dan perilaku (afeksi), dan keterampilan (psikomotorik).
Ada tiga hal yang dapat dilakukan madrasah untuk berpartisipasi dalam gerakan pemberantasan korupsi. Pertama, meproses pendidikan yang mampu menumbuhkan kepedulian yang tulus, membangun penalaran obyektif dan mengembangkan perspektif universal pada individu. Kedua, memproses pendidikan yang mengarah pada penyemaian kualitas pribadi individu yang konsekuen dan kokoh dalam keterlibatan politiknya. Ketiga, membangun integritas yang bukan mensyaratkan kedewasaan semata, tetapi yang mampu membangun keberanian individu untuk mempertahankan kejujuran dan kesederhanaan sebagai prinsip dasar keterlibatan politik.
Implementasi pendidikan anti korupsi di jenjang sekolah/madrasah bisa menggunakan strategi eksklusif yang menyajikan pendidikan antikorupsi sebagai sebuah mata pelajaran namun tidak bersifatkurikuler atau dalam kurikulum muatan lokal (institusional)
DOWNLOAD PANDUAN ANTI KORUPSI DI MADRASAH
Berikut Program-program di MTs NW 2 Kembang Kerang dalam menanamkan Pendidikan Anti Korupsi :
No | Program Penanaman nilai PAK | Dokumentasi |
---|---|---|
1 | Pembentukan Volunter Kantin | |
2 | Selogan | |
3 | Pemasangan Poster Anti Korupsi | |
4 | Sarapan Bersama hari Sabtu | |
5 | Menyisihkan uang belanja dihari senin | |
6 | Penguatan Kapasitas Guru dalam PAK |
0 komentar:
Posting Komentar